Langsung ke konten utama

Cara Bermain Board Game Coup (Dystopian Universe)

Panduan Bermain Coup (Dystopian Universe)

Overview

Coup (dystopian universe) adalah board game ciptaan Rikki Tahta yang diterbitkan oleh La Mame Games pada tahun 2012. Board game ini sangat cocok untuk dimainkan mulai dari 2 sampai 6 orang dengan durasi permainan yang singkat yaitu sekitar 15 menit.

Sebelum mengetahui tentang cara bermain board game coup ini, ada baiknya kalian mengerti bagaimana jalan cerita dari board game ini sehingga dapat lebih menghayati saat akan bermain.

Latar Belakang Cerita

Board game ini memiliki jalan cerita pada masa depan, dimana pemerintahan dijalankan oleh kelas kerajaan (royal class) dari CEO berbagai bangsa yang menjalankan pemerintahan untuk memperoleh keuntungan. Keserakahan dan kendali yang mutlak mereka atas ekonomi membuat sebagian besar orang kecil yang hidup dalam kemiskinan dan keputusasaan.

Kelompok massa yang tertindas akhirnya bangkit dan membangun kelompok pejuang partisan yang berfokus untuk menggulingkan penguasa yang kuat ini. Upaya yang berani dari para pemberontak ini telah menciptakan suatu perselisihan, tipu muslihat, dan kelemahan dalam pengadilan politik dari kerajaan nouvenau, membuat pemerintah berada pada jurang keruntuhan.

Tetapi untuk anda, seorang pejabat pemerintah yang kuat, ini adalah kesempatan anda untuk memanipulasi, menyuap, dan menggertak untuk jalan anda menuju kekuatan yang absolut. Untuk dapat sukses, anda harus menghancurkan pengaruh dari saingan anda dan mengusir mereka ke pengasingan. Di masa penuh gejolak ini, hanya terdapat satu ruang untuk bertahan hidup.

Isi Kemasan

Board game coup dapat anda cari di berbagai toko online dengan harga berkisar Rp.250.000-an. Dan isi yang akan anda dapatkan dari board game ini adalah:
  • 15 kartu karakter (3 lembar untuk setiap karakter)
  • 6 kartu ringkasan
  • 50 koin
  • 1 buku panduan

Coup (Dystopian Universe)

Coup (Dystopian Universe)

Set-Up

Kocok semua kartu karakter dan bagikan 2 untuk setiap pemain. Setiap pemain dapat melihat kartu mereka masing-masing tetapi harus meletakannya dalam posisi tertutup di depan mereka masing-masing. Lalu, letakkan kartu yang tersisa di tengah area permainan sebagai dek.

Berikan setiap pemain 2 koin. Koin setiap pemain harus tetap terlihat. Dan letakkan koin yang tersisa di tengah area permainan.

Berikan 1 kartu ringkasan kepada setiap pemain. Kartu ini hanya berfungsi sebagai referensi untuk mengetahui action yang dapat dilakukan. Tentunya pemain harus membiasakan diri dengan semua action dan karakter sebelum memulai permainan.

Pemain yang menang pada permainan sebelumnya memperoleh giliran yang pertama.

Objektif

Mengeliminasi semua influence/nyawa pemain lain dan menjadi orang terakhir bertahan hidup.

Influence (Nyawa)

Kartu karakter yang telah diletakkan dalam posisi tertutup di depan setiap pemain mewakili influence/nyawa mereka masing-masing. Kartu tersebut juga mewakili karakter apa yang dimiliki dan kemampuannya.

Setiap pemain kehilangan influence/nyawanya, mereka harus membalik dan mengungkapkan satu dari kartu mereka. Kartu yang sudah dibalik/diungkap harus tetap dalam posisi terbuka di depan pemain tersebut dan terlihat oleh semua pemain lain. Kartu karakter yang sudah terbuka tersebut juga tidak lagi mewakili kemampuan dari karakter tersebut. Saat kehilangan influence/nyawa, setiap pemain dapat memilih kartu mana yang akan dibalik/diungkap.

Saat pemain kehilangan semua influence/nyawanya, mereka diasingkan dan keluar dari permainan.

Gameplay

Permainan ini dimainkan bergantian setiap pemain searah jarum jam. Dan yang pertama kali memulai permainan adalah pemain yang menang pada permainan sebelumnya.

Setiap giliran, pemain hanya dapat melakukan 1 action saja. Pemain tidak dapat pass. Action apa yang dapat dilakukan? selengkapnya akan dijelaskan di bawah.

Setelah seorang pemain melakukan action, pemain lain dapat melakukan challenge atau counteract dari action terhadap pemain tersebut. Apa itu challenge dan counteract? selengkapnya akan dijelaskan di bawah.

Jika action pemain bersangkutan tidak di challenge atau counteraction, maka action tersebut secara otomatis sukses. Jadi, pemain tersebut mendapatkan sesuai dengan apa action yang dia lakukan.

Challenges diselesaikan terlebih dahulu sebelum action dan counteraction.

Ketika seorang pemain kehilangan semua influence/nyawanya (kedua kartu sudah dalam posisi terbuka), maka mereka secara langsung keluar dari permainan. Kedua kartu pemain tersebut dibiarkan tetap terbuka di depan pemain bersangkutan dan mengembalikan semua koin ke tengah area permainan.

Permainan berakhir ketika hanya terdapat 1 pemain yang tersisa.

Actions

Setiap pemain dapat memilih action apa saja yang mereka mau dan mampu bayar.

Beberapa actions (Character Actions) memerlukan karakter yang bersangkutan.

Jika pemain melakukan Character Action pemain tersebut harus mengklaim bahwa karakter tersebut merupakan salah satu dari kartunya yang masih dalam posisi tertutup. Dimana, pemain dapat berkata jujur maupun menipu. Pemain tidak perlu untuk mengungkapkan kartu yang masih dalam posisi tertutup mereka ketika melakukan action. Kecuali mereka di challenge. Jika tidak di challenge maka secara otomatis actionnya sukses.

Jika seorang pemain memiliki 10 koin atau lebih, maka pemain tersebut hanya dapat melakukan action Coup saat giliran mereka.

General Actions

General actions adalah action yang selalu tersedia atau dapat dilakukan pemain setiap giliran mereka. Jadi, action ini tidak dapat di challenge.

Terdapat 3 macam general actions yang dapat dilakukan setiap pemain, yaitu:

Income
Mengambil 1 koin dari bank (tengah area permainan).

Foreign Aid
Mengambil 2 koin dari bank (tengah area permainan). Bedanya dengan income, foreign aid dapat di counteract oleh karakter duke. Siapa itu duke? akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

Coup
Membayar 7 koin ke bank (tengah area permainan) untuk melakukan Coup terhadap pemain lain. Pemain lain yang terkena Coup secara otomatis langsung kehilangan 1 influence/nyawa. Coup selalu berhasil dan tidak dapat di challenge atau counteract. Dan jika seorang pemain memiliki 10 koin atau lebih maka pemain tersebut harus melakukan Coup.

Character Actions

Character actions adalah action yang dapat dilakukan hanya oleh karakter bersangkutan. Tetapi action ini tetap dilakukan oleh semua pemain pada giliran mereka walaupun mereka tidak mempunyai kartu tersebut (berbohong). Hanya saja, jika pemain bersangkutan di challenge, maka pemain tersebut harus mengungkapkan kartu yang relevan sesuai dengan action yang dilakukan.

Character Actions yang dapat dilakukan pemain adalah meliputi:

Duke - Tax
Mengambil 3 koin dari bak (tengah area permainan).

Duke

Assassin - Assassinate
Membayar 3 koin ke bank untuk melakukan assassination terhadap pemain lain. Assassinate sama layaknya coup dimana pemain lain akan kehilangan 1 influence/nyawa. Hanya saja, assassinate dapat di block oleh pemain lain yang memiliki contessa.

Assassin

Captain - Steal
Mengambil 2 koin dari pemain lain. Jika pemain lain hanya memiliki 1 koin, maka yang dapat diambil hanyalah 1. Action ini juga dapat di block oleh pemain lain yang memiliki ambassador atau captain juga.

Captain

Ambassador - Exchange
Menukarkan kartu yang dimiliki dengan kartu di dek. Jadi, pertama pemain akan mengambil 2 kartu dari dek, kemudian pilih kartu mana yang ingin ditukar, dan lalu kembalikan kartu yang tidak dipilih kembali ke dek. Dimana, jika pemain hanya memiliki sisa 1 influence/nyawa, maka otomatis kartu yang boleh dimiliki/ditukar hanyalah 1.

Ambassador

Counteractions

Counteractions mirip seperti character actions. Yang membedakan adalah, counteractions hanya dapat dilakukan ketika pemain hendak melawan atau melakukan konter terhadap action yang pemain lain lakukan.

Dan sama seperti character actions, pemain juga dapat jujur maupun berbohong dalam melakukan counteractions. Mereka juga tidak perlu untuk mengungkapkan kartu mereka ketika hendak melakukan counteractions kecuali di challenge oleh pemain lain.

Jika tidak ada yang melakukan challenge maka otomatis action yang dilakukan pemain bersangkutan berhasil di konter.

Counteractions yang dapat dilakukan pemain lain adalah sebagai berikut:

Duke - Block Foreign Aid
Setiap pemain yang mengklaim bahwa memiliki duke dapat membatalkan pemain lain yang hendak melakukan action foreign aid (mengambil 2 koin dari bank). Jadi, ketika counteraction ini tidak di challenge, maka pemain yang hendak melakukan foreign aid tersebut otomatis tidak memperoleh koin sama sekali.

Duke

Contessa - Blocks Assassination
Pemain yang hendak di assassin dapat mengklaim bahwa memiliki contessa untuk melakukan block terhadap assassination. Jika tidak di challenge, maka otomatis assassination gagal tetapi 3 koin yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan.

Contessa

Ambassador/Captain - Blocks Stealing
Pemain yang hendak akan diambil koinnya oleh pemain lain, dapat mengklaim bahwa memiliki ambassador atau captain untuk melakukan konter terhadap action steal. Dan jika tidak di challenge, maka otomatis action tersebut gagal, dan koin yang hendak dicuri dikembalikan ke pemain bersangkutan.

Ambassador

Captain

Challenges

Jadi, setiap character actions atau counteractions yang dilakukan oleh pemain lain dapat di challenge. Semua pemain lain dapat melakukan challenge baik yang terlibat maupun yang tidak terlibat dalam action tersebut.

Setelah actions atau counteractions dilakukan, pemain lain berhak untuk melakukan challenge. Setelah pemain melakukan challenge, maka challenge tersebut tidak dapat dibatalkan.

Jika pemain di challenge, maka mereka harus membuktikan bahwa mereka mempunyai kartu yang dimaksud dengan menunjukkan kartu karakter tersebut dari salah satu kartu mereka.

Jika pemain yang di challenge tidak dapat membuktikannya, maka otomatis pemain tersebut kalah dalam challenges. Pemain yang kalah dalam challenges akan kehilangan 1 influence/nyawa. Dan action yang hendak dilakukan juga gagal. Hanya saja, koin yang sudah dibayarkan dikembalikan ke pemain tersebut.

Namun jika pemain tersebut dapat membuktikan kartu yang relevan terhadap action yang dilakukan, berarti mereka menang dalam challenge, maka mereka berhak untuk menukar kartu yang sudah ditunjukkan tersebut dengan kartu yang di dek secara acak (karena kartu sudah terekspos, dan agar pemain lain tidak tahu kartu apa yang dimiliki pemain bersangkutan). Action atau counteraction yang dilakukan pemain tersebut tetap berlangsung.

Dan pemain yang melakukan challenge (yang kalah dalam challenge) juga akan kehilangan 1 influence/nyawa.

Contoh Permainan

3 pemain (Hendry, Harvey, Jasson). Setiap pemain start dengan 2 influence/nyawa (kartu) dan 2 koin. 9 kartu karakter yang tersisa digunakan sebagai dek.

Putaran Pertama

Hendry memperoleh kartu karakter Contessa dan Duke. Dan pada gilirannya, ia mengklaim mempunyai duke dan mengambil 3 koin dari bank. Tidak ada challenge yang dilakukan pemain lain. Jadi, ia sekarang punya 5 koin.

Harvey memperoleh kartu karakter Captain dan Contessa. Saat gilirannya, ia berbohong dan mengklaim mempunyai ambassador untuk melakukan exchange. Tidak ada challenge yang dilakukan terhadapnya juga. Jadi, ia dapat mengambil 2 kartu dari dek. 2 kartu yang diambil dari dek adalah assassin dan duke. Harvey pun memilih kartu assassin dan captain. Sehingga kartu yang dikembalikan ke dek adalah contessa dan duke. Dan koin yang dimiliki Harvey tetap 2.

Jasson memperoleh kartu karakter Assassin dan Duke. Saat gilirannya, ia mengklaim bahwa mempunyai duke dan mengambil 3 koin dari bank. Harvey merasa Jasson sedang berbohong dan melakukan challenge terhadapnya. Jasson pun kemudian menunjukkan kartu duke yang ia miliki (challenge gagal). Jadi, Jasson tetap memperoleh 3 koin yang ia ambil, tetapi harus mengembalikan kartu dukenya ke dek. Kemudian, diacak dan mengambil 1 kartu random baru dari dek (misalnya yang ia peroleh contessa).

Dan karena Harvey gagal melakukan challenge, maka ia kehilangan 1 influence/nyawa sehingga harus mengungkap salah satu kartunya (misalnya kartu yang Harvey pilih untuk diungkap adalah assassin).

Maka setelah giliran ini:

Hendry masih mempunyai 2 influence/nyawa (Contessa dan Duke) dan 5 koin.

Harvey punya 1 influence/nyawa (Captain) dan 2 koin.

Jasson juga masih punya 2 influence/nyawa (Assassin dan Contessa) dan 5 koin.

Serta 1 kartu assassin Harvey yang sudah diungkap/dibuka dibiarkan terbuka di depan Harvey.

Putaran Kedua

Hendry kemudian mengklaim lagi memiliki duke dan mengambil 3 koin dari bank. Tidak ada yang melakukan challenge terhadapnya. Jadi, koin Hendry sekarang menjadi 8.

Harvey melakukan action income (mengambil 1 koin dari bank). Harvey saat melakukan action income tidak perlu mengklaim karakter yang ia punya karena income termasuk "general actions" dan tidak ada pemain lain yang dapat melakukan block. Jadi, koin Harvey sekarang menjadi 3.

Jasson kemudian mengklaim memiliki assassin, lalu ia membayar 3 koin ke bank untuk melakukan assassinate terhadap Hendry. Tidak ada yang melakukan challenge terhadapnya, tetapi Hendry mengklaim memiliki contessa (dapat memblock assassinate). Dan tidak ada juga yang melakukan challenge sehingga assassinate gagal. 3 koin yang sudah dibayar Jasson ke bank tidak dikembalikan. Jadi, koin Jasson sekarang tersisa 2.

Putaran Ketiga

Hendry kemudian membayar 7 koin ke bank untuk melakukan coup terhadap Jasson. Coup tidak dapat di block atau challenge. Sehingga, Jasson otomatis kehilangan 1 influence/nyawa dan harus mengungkap salah satu kartunya (misalnya kartu yang Jasson pilih adalah contessa). Jadi, koin Hendry sekarang ini tersisa 1.

Harvey kemudian mengklaim memiliki captain untuk melakukan steal (mengambil 2 koin dari pemain lain) terhadap Jasson. Tidak ada yang melakukan challenge terhadap Harvey. Hanya saja, Jasson mengklaim memiliki ambassador (dapat memblock steal). Harvey tidak percaya dan kemudian melakukan challenge. Karena kartu yang sebenarnya Jasson miliki adalah assassin, sehingga saat di challenge Jasson tidak dapat menunjukkan kartu ambassadornya, maka otomatis Jasson kehilangan 1 influence/nyawa karena kalah dalam challenge. Harvey pun juga mendapat 2 koin yang ia ambil dari Jasson dan koin yang dimiliki Harvey sekarang adalah 5 koin.

Karena Jasson sudah kehilangan kedua influence/nyawanya maka otomatis Jasson keluar dari permainan. Jika Jasson masih memiliki sisa koin saat nyawanya sudah habis, maka koin tersebut dikembalikan ke tengah permainan.

Maka setelah giliran ini:

Hendry masih mempunyai 2 influence/nyawa (Contessa dan Duke) dan 5 koin.

Harvey punya 1 influence/nyawa (Captain) dan 5 koin.

Jasson keluar dari permainan.

1 kartu assassin Harvey, serta 2 kartu contessa dan assassin Jasson yang sudah diungkap/dibuka dibiarkan terbuka di depan pemainnya masing-masing.

Permainan berlanjut sampai tersisa 1 pemain terakhir yang tersisa . . .

Catatan

Bahaya Ganda dari Assassination
Mungkin bagi seorang pemain kehilangan 2 influence/nyawa sekaligus, dimana kondisi ini dapat terjadi saat ada pemain lain yang melakukan assassinate terhadap anda.

Contohnya, ketika anda hendak di assassinate oleh pemain lain, dan kemudian anda melakukan challenge terhadap pemain tersebut. Jika pemain yang melakukan assassinate tersebut dapat membuktikan bahwa ia memiliki kartu assassin, maka anda secara otomatis akan kehilangan 2 influence/nyawa. 1 dari challenge yang gagal, dan 1 dari assassinate yang tetap berlangsung.

Kondisi kedua, ketika anda hendak di assassinate oleh pemain lawan, kemudian anda berbohong dan mengklaim memiliki contessa. Jika pemain tersebut melakukan challenge terhadap anda, maka secara otomatis anda juga akan kehilangan 2 influence/nyawa sekaligus. 1 dari challenge pemain lawan yang berhasil, dan 1 dari assassinate yang tetap berlangsung.

Aturan Lain
Negosiasi diperbolehkan ketika permainan.

Pemain tidak boleh untuk menunjukkan kartunya kepada pemain lain.

Koin tidak boleh diberikan kepada pemain lain baik secara diberikan secara cuma-cuma maupun dipinjamkan.

Varian Permainan untuk 2 Pemain Saja
Ketika hanya terdapat 2 pemain, maka pada awal permainan setiap pemain hanya memperoleh masing-masing 1 koin.

Varian lain yang dapat dimainkan untuk 2 pemain adalah dengan set-up berikut:
Membagi kartu menjadi 3 set, 1 set terdiri atas 5 kartu. Dimana pada setiap set, masing-masing harus terdapat setiap jenis karakter (Duke, Assassin, Captain, Ambassador, dan Contessa). Setiap pemain mengambil 1 set kartu tersebut dan memilih 1 kartu, sisa kartu yang tidak dipilih disingkirkan dari permainan. Kemudian ambil 1 set yang tersisa, acak dan bagikan 1 ke masing-masing pemain. Kemudian 3 kartu yang tersisa digunakan sebagai dek.

Komentar